Senin, 11 Maret 2013

Batman dan 8 Kostumnya


1. Batman 1970
Batsuit dengan warna biru muda jadul ini, sesuai dengan namanya digunakan oleh Batman pada komik era 1970-1979. Suata masa yang disebut sebagai Bronze Age, sebab muncul beberapa karakter baru dalam dunia kota Gotham, tempat Bruce Wayne beraksi. Diantaranya, Lucius FOx sebagai CEO Wayne Enterprise, pacar Wayne yaitu Silver St Cloud, dan Harvey Bullock. Wilayah Arkham ASylum pun juga baru muncul pada komik Batman terbitan 1974. Selain itu, di era 1970-an ini pula, muncul beberapa karakter superjahat baru lainnya dalam komik Batman, yakni Ra's Al Ghul dan putrinya, Talia.

Pada era 1975 hingga 1978, muncul komik Batman Family yang lebih berfokus pada cerita-cerita para karakter pendukung Batman, yakni duo Robin dan Batgirl dalam aksinya memberantas kejahatan di kota Gotham. Edisi KOmik Batman Family ini terbit sebanyak 20 volume selama 1975-1978 itu.





2. Batman: The Dark Knight Returns



Andai ada gamer yang heran, mengapa batsuit milik Batman ini merupakan kustom yang terburuk diantara kedelapan bonus batsuit lainnya. Bahkan, namanya pun mirip dengan nama film Batman versi Christopher NOlan, Batman Dark Knight. Hal itu dikarenakan, Batsuit itu digunakan Bruce Wayne ketika ia sudah berusia 55 tahun. Yup, si Batman sudah sesepuh sebagai seorang superhero di kota Gotham. Alkisah, di suatu versi komik lain, digambarkan jika Bruce sudah meninggalkan perannya sebagai Batman, sang pahlawan Gotham selama 10 tahun lamanya. 

Ia melakukan itu sebagai reaksi atas meninggalnya seorang rekannya, mantan pemeran RObin, Jason Todd. Namun ketika sudah berusia paruh baya dan melihat kejahatan di sekitar kota Gotham merajalela, maka nalurinya sebagai sang pahalwan tak bisa dihindarkan lagi. Maka ia pun terpaksa turun tangan, kembali menjadi Batman untuk membasmi kriminalitas yang kian parah di kota Gotham. Komik Batman The Dark Knight Returns ini hanya muncul sebanyak 4 nomor saja, antara Februari hingga Juni 1986.


3. Bizarro Batman (Earth-One)



Sepintas batsuit Earth-One kepunyaan Batman ini, tidak kelihatan keunikannya. Namun yang unik adalah pengguna batsuit itu bukan Bruce Wayne, melainkan BIzarro, yang merupakan kembaran musuh SUperman, BIzarro No 1, yang bisa meniru bentuk rupa SUperman secara sempurna. BIzarro merupakan sejenis alien, tapi berbeda dengan BIzarro no 1 yang kekuatannya juga hampir setara dengan SUperman, maka kekuatan BIzarro Batman ini hanya sekuat manusia biasa. Kelemahannya pun yakni ketika terkena kryptonite biru. 

Belum diketahui detail asal usulnya secara jelas, namun ia muncul di kota Gotham untuk mengisi kekosongan kota GOtham, sebagai akibat dari kepergian Batman dan RObin yang entah kemana. kehadiran batman Earth-One itu ada pada komik Batman World's Finest nomor 156 pada Maret, 1966. Satu hal yang pasti, ia bukan superjahat hanya saja jika beraksi suka seenaknya sendiri. Selain itu, ia hanya meniru bentuk fisik Batman, bukan meniru tubuhnya BRuce Wayne. Dikabarkan, ia belum mengetahui identitas asli dari Batman. 

Kehadirannya dalam dunia komik Batman, terhapuskan berkat runtuhnya dunia superhero di komik DC Multiverse pada 1985-1986, yang berjudul Crisis on Infinite Earths limited series. Batman Bizarro ini kini dianggap sebagai tokoh tidak nyata.


4. Batman: Year One



Sesuai nama batsuit, maka latar belakangnya menceritakan mengenai tahun-tahun pertama dari perjuangan Bruce Wayne sebagai Batman, dalam seorang diri berperang melawan kriminalitas di jalanan kota Gotham. Berkat bantuan Letnan Polisi James Gordon yang idealis dan jujur, secara bahu membahu mereka berdua saling bekerjasama untuk membersihkan kota Gotham dari sarang penjahat dan korupsi yang lagi merajalela di segala sisi. Musuh utama mereka ialah sang big boss mafia, Don Carmine Falcone. Dunia Bruce Wayne ini dirilis pada komik Batman nomor 404-407 (Februari-Mei 1987).


5. Batman: The Animated
Warner BRos Ent. menayangkan serial TV animasi Batman pada channel TV FOX Network di Amrik, mulai dari 5 September 1992 hingga 15 September 1995, dengan total jumlah episode sebanyak 85 buah. Kisah serial animasi ini, sebagian terinspirasi oleh komik Batman karya Frank Miller dkk, yang berjudul Batman: The Dark Knight Return, Film layar lebar karya Tim Burton, Batman dan Batman Returns, serta serial kartun SUperman yang di produksi oleh Fleischer STudios pada 1940-an. 

Secara umum, seri Batman animasi ini menggambarkan dunia BRuce Wayne di KOta Gotham dengan lebih gelap dan kisah cerita Batman yang lebih dewasa, untuk ukuran acara TV anak-anak. Well, penulis sempat teringat jika serial Batman ini sempat tayang di SCTV, setiap hari Minggu kalau tidak salah. Merupakan salah satu tayangan kartun favorit penulis. Dan memang, ceritanya secara umum menceritakan awal-awal perjuangan Batman dan Robin dalam membasmi kejahatn di kota Gotham. Si Batgirl pun juga muncul pada serial ini. Sangat disayangkan Stasiun TV lokal tidak menayangkan hingga tuntas sehingga penulis tidak tahu endingnya seperti apa.






6. Batman Beyond



Jika Batman The Animated ditayangkan pada jaringan TV FOX, maka serial tv animasi Batman Beyond ini ditayangkan pada channel WB Kids dan Cartoon Network, mulai dari 10 Januari 1999 hingga 18 Desember 2001, dengan total 52 episode. Setting cerita berlangsung jauh dimasa depan yakni pada 2039 di kota Gotham, masa ketika Bruce Wayne sudah menua dan pensiun sebagai pahlawan. Maka peran Batman kini digantikan oleh seorang cowok SMA, Terry McGinnis. Selama menjadi Batman, ia mendapat pelatihan keras dari Bruce wayne seorang diri, secara bertahap. 

Selain itu, Tery mendapat bantuan dari sahabatnya, Maxine Gibson, seorang cewek yang berkeahlian sebagai peretas terulung di kota Gotham. Tidak hanya, Maxine, Tery juga mendapat dukungan penuh dari Barbara Gordon yang kini menjabat sebagai KOmisaris Polisi di Kota Gotham. Mereka bertiga saling bekerjasama dalam memerangi kejahatan di jalanan kota Gotham. Kustom Batsuit pun mengalami banyak kemajuan teknologi secara berarti, diantaranya Batman kini bisa terbang bebas seperti Superman dan kekuatannya bertambah besar. 

Sebab fungsi dan fitur dari batsuit era Batman Beyond ini ibarat armor nanosuit yang muncul di game aksi CRysis 1-2. Membuat sang pengguna menjadi lebih sakti dan lebih hebat dalam menghantam musuh-musuhnya. Dan serial kartun ini juga sempat mampir di SCTV, pada hari Minggu. CEritanya juga lebih cocok untuk kalangan remaja SMP-SMA daripada untuk cerita anak-anak. Dan lagi-lagi pihak stasiun TV lokal tidak menayangkan seri ini dengan utuh dan tidak sampai tamat. Nasib.


7. Batman Sinestro Corps



Batman Sinestro merupakan salah satu latar belakang kisah Batman yang lebih rumit, karena awal mulainya dari kisah kepahlawan Green Lantern, yang termasuk bagian dari DC comik, jadi masih satu dunia dengan Superman dan Batman. Mungkin bagi sebagian gamer yang sudah menonton film the Green Lantern 2011, akan tahu jika Green Lantern yang dibintangi oleh Ryan Reynolds itu memiliki seorang atasan bernama Sinestro, alien dari planet lain. Alkisah, Sinestro memberontak, kabur dari Green Lantern Corps, lalu mendirikan Sinestro Corps. 

Berbeda dengan Green Lantern Corps yang mengandalkan kekuatan willpower yang bersimbol warna hijau, maka Sinestro Corps menggunakan kekuatan fear yang berwarna kuning. Kedua belah pihak sama-sama bersenjata utama sebuah cincin khusus di jari masing-masing. Kemudian, suatu ketika cincin kuning dari Sinestro Corps itu berkunjung ke planet BUmi untuk merekrut anngota baru. Tak disangka, calon paling potensial ialah Bruce Wayne dan ia sendiri pun meyadari akan berbahayanya itu cincin kuning milik Sinestro, maka ia segera akan membuang cincin tersebut. 

Namun, cincin kuning itu sempat sesaat merubah penampilan batsuit-nya Bruce Wayne menjadi kustom kebesaran Sinestro, sebelum akhirnya si Batman berhasil membuang cincin tersebut. Maka, hasil perubahaan sesaat itulah yang membuat kustom Batman menjadi terlihat lebih menyolok dengan perpaduan warna antara hitam dan kuning. Kisah Batsuit Sinestro ini muncul pada edisi Komik Green Lantern volume 4 nomor 17, April 2007.


8. Batman Incorporated (Inc.)



Kustom batman yg satu ini, Batman Inc. terlihat kusut disana sini, akan tetapi sesungguhnya dibalik itu Batman telah menjadi ikon global. Latar belakang Batman Inc ini berawal dari pendirian sebuah organisasi global yang didanai secara penuh oleh Bruce Wayne, sang bilyuner ternama, dan berperan sebagai pemimpinnya dalam identitas rahasianya sebagai Batman. Misi dari perusahaan itu ialah berupaya mengubah agenda pembasmian kejahatan jalanan di kota Gotham, menjadi agenda perang melawan kriminalitas dunia pada masa kini. 

Secara pribadi, si Bruce memilih dan melatih para anak buahnya sendiri, sebagai perwakilannya untuk ditempatkan di negara-negara lainnya, dan mereka disumpah untuk tetap setia dan teguh memegang tinggi atas nilai-nilai prinsip kehidupan umat manusia. Ia mengglobalkan nama besar Batman ke seluruh dunia, karena menyadari jika ia tidak sendirian dalam menghabisi kejahatan yang ada, sebagai Batman. Si Bruce juga mengaku kepada publik bahwa dirinyalah yang menjadi sponsor pembuatan gajet-gajet milik Batman selama ini.

Ia juga tetap memfungsikan Dick Grayson dan Damien Wayne di kota Gotham sebagai Batman dan RObin, selain itu ia juga merekrut Tim Drake sebagai Red Robin serta Cassandra Cain, mantan Batgirl generasi ketiga, untuk menjadi Blackbat. Siapa itu Damien?? Ia adalah anak dari pasangan Bruce Wayne dengan Thalia Ras Al Ghul. Bisa dibilang, kustom Batman INC ini merupakan batsuit model terbaru untuk Batman, meskipun modelnya terlihat biasa-biasa saja. Kisah cerita Batman ini dirilis pada komik Batman and Robin nomor 16, Januari 2011.

 http://www.hotgame-online.com/read/992/batman_dan_8_kostumnya

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 G a m e s. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase