AI akan selalu berjalan dan memberikan perlawanan kepada kita sehingga
tidak akan begitu mudah dapat memenangkan game tersebut, pada saat
memainkan permainan ini akan mendapatkan hasil akhir berupa kita menang
atau kita kalah melawan komputer, karena prinsipnya game ini ingin anda
yang kalah. Kesimpulan dari permainan ini ialah bagaimana cara untuk
memenangkan perlawanan dari komputer dengan tidak mengambil korek api
yang paling akhir (don’t take the last), jika pengguna (user) dapat
tidak mengambil korek api yang terakhir maka pengguna tersebut
ememnangkan permainan game Matches dan jika pengguna (user) mengambil
korek api yang paling akhir maka pengguna (user) tersebut dinyatakan
kalah dalam permainan game Matches ini.
Dalam Game matches ini menggunakan Algoritma Backtracking menggunakan konsep DFS dalam pembentukan pohon solusi.
1. Pohon solusi dibentuk dari awal permainan sampai akhir permainan.
2.
Untuk permainan yang di nyatakan cukup kompleks seperti permainan
Matches, pembentukan pohon solusi di mulai dari awal permainan sampai
akhir permainan dapat direalisasikan karena pada game ini mempunyai
batasannya, yaitu kotak yang telah di batasin berapa banyak yang dapat
di beri tanda, sehingga bila anda ingin mengurutnya bisa di lakukan dan
di ketahui cara untuk memenangkan game ini. Sehingga bila anda cari
dalam pohon solusi bisa di selesaikan sampai tidak ada kemungkinan lagi
untuk di cari solusinya.
3. Semakin akurat fungsi heuristic yang digunakan, semakin baik pula pengambilan keputusan yang dilakukan oleh AI.
4.
Dengan menggunakan algoritma Bactracking untuk AI dalam permainan
Matches, pengguna (user) tidak akan begitu mudah untuk melawan AI
tersebut.
Saran
Dalam permainan Game “Matches” yang telah
kembangkan dengan menggunakan program awal yang sudah ada pada
sebelumnya. Untuk mengembangkan permainan Game ini, dapat ditambahkan
dalam pengembangannya seperti pemberian pada warna yang ingin kita
ganti, mengubah posisi susunan awal, dan dapat menggubah pesan yang
ingin di sampaikan kepada masing-masing pemain agar dapat para pemain
game tersebut dapat secara mudah mengerti pesan yang disampaikan oleh
game tersebut.
Kelebihan Game Matches :
Menurut saya dalam game
ini ada beberapa kelebihan antar lain, game ini menggandung AI .
Sehingga untuk memenangkan permainan ini sangat dibutuhkan keahlian dan
strategi yang tepat. Karena AI itu sendiri akan meniru pola piker
manusia. Karena game ini dalam program strawberry prolog jadi kita bisa
mengubah secara tampilan agar pengguna bisa tertarik, dan sekaligus kita
bisa belajar bahasa pemrograman prolog. Aplikasi strawberry prolog juga
tidak memerlukan hardware yang besar sehingga tidak membuat komputer
kita loaadingnya menjai lemot.
Kekurangan Game matches :
Dalam
game ini masih banyak kekurangan karena secara tampilan hanya dengan
gambar 2Dimensi dan tampilan tersebut tidak dapat bergerak sehingga
kurang menarik para pengguna, dan para pengguna jadi merasa cepat bosan
dengan game ini.
http://wikheayu.blogspot.com/2011/01/kesimpulan-game-matches.html
0 komentar:
Posting Komentar